Contoh RPP 1 Lembar SMP/MTS Terbaru

Contoh RPP 1 Lembar SMP/MTS Terbaru
Contoh RPP 1 Lembar SMP/MTS Terbaru

Apakah bapak/ibu guru sedang mencari Contoh RPP 1 Lembar SMP/MTS Terbaru? jika iya, maka kebetulan sekali dibawah ini admin bagikan salah satu Contohnya, tapi sebelumnya silahkan simak baik-baik artikel dibawah ini agar memahami dulu konsep dari RPP 1 Lembar ini.  

Contoh RPP 1 Lembar SMP/MTS

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau di singkat RPP ini layaknya sudah tidak asing lagi di telinga Bapak/ibu guru disekolah tentunya, karena memang sudah menjadi pegangan setiap akan melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.

Namun karena di akhir tahun 2019 yang lalu bapak Menteri Pendidikan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), maka sontak RPP 1 Lembarpun menjadi ramai dibicarakan baik oleh guru SD, SMP maupun SMA dan SMK.


Lalu Apakah Perbedaan RPP Lama dengan RPP 1 Lembar?

Sesungguhnya RPP lama dengan RPP 1 Lembar tidak ada bedanya, hanya saja dari formatnya saja yang lebih ringkas yaitu 1 Lembar. Sebagai contoh misalnya Format RPP Lama SMP dengan Format RPP 1 Lembar SMP begitupun dengan Format RPP Lama SMA dengan Format RPP 1 Lembar SMA jadi yang membedakan formatnya saja 1 Lembar.

Download juga : RPP K13 Agama MTs Kelas 8

Kenapa Bisa 1 Lembar?

Sebelumnya kita telah mengetahui bersama bahwa dalam sebuah RPP ada 13(tiga belas) komponen yang mesti ada dalam sebuah RPP yang dibuat oleh seorang guru, sehingga RPP menjadi beberapa bahkan banyak lembar bisa mencapai lebih dari 1 rim kertas selain itu juga waktu yang tersita cukup banyak untuk membuat RPP.


Nah hal ini di anggap kurang efektik dan efisien, padahal prinsip dalam penyusunan RPP harus efisien, efektif dan berorientasi pada murid. Maka dari 13 komponen ini yang menjadi komponen inti hanya 3 (tiga) yaitu: 
1. Tujuan Pembelajaran 
2. Langkah-Langkah (Kegiatan) Pembelajaran 
3. Penilaian Pembelajaran (assessment).


Catatan: RPP yang di download adalah RPP 1 Lembar SMP Matematika, Hanya sebagai contoh saja yah.

Bisakah Format RPP Lama menjadi Format RPP 1 Lembar?

Format RPP yang lama tentu bisa dibuat menjadi Format RPP 1 Lembar karena sebagaimana salah satu poin dari surat edaran bapak menteri pendidikan ialah guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan dan mengembangkan Format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid. Maka dengan begitu para guru diberikan keleluasaan yang seluas-luasnya dalam penyusunan RPP ini.

Apa Keunggulan RPP 1 Lembar?

Keunggulan dari RPP 1 Lembar ini tentunya yang paling utama ialah menghemat uang dan waktu yang dikeluarkan baik oleh guru maupun sekolah-sekolah, juga selain itu guru diberikan keleluasaan dalam menyusun RPP sehingga menjadi 3 (tiga) komponen inti saja, yang lainnya bersifat pelengkap saja.  


Jika sudah membaca sampai paragraf ini artinya bapak/ibu guru sudah memahami sedikit banyaknya tentang apa RPP 1 Lembar ini.

Demikianlah postingan kali ini Contoh RPP 1 Lembar SMP/MTS Terbaru semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

3 comments:

  1. Silahkan berkomentar sesuai dengan Tema "Contoh RPP 1 Lembar SMP/MTS Terbaru"

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Positif