Persiapan yang WAJIB dilakukan sebelum UNBK


Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini tinggal beberapa bulan lagi tentunya sekolah harus dari sekarang menyiapkan segala kebutuhan yang mesti disiapkan baik itu sumberdaya manusia maupun sarananya atau peralatannya agar Ujiannya berjalan mulus dan lancar.

Pada kesempatan ini akan saya bagikan sebagaimana pengalaman tahun kemarin kami mengadakan UNBK alhamdulilah dengan segala persiapan yang matang kegiatan UNBK sukses tanpa ada suatu kendala yang berarti dan sengaja saya bagikan semoga kiranya teman-teman proktor atau teknisi atau pihak sekolah yang baru akan melaksanakan UNBK disekolahnya ini bisa dijadikan sebuah referensi.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tentunya berbeda jauh dengan Ujian Nasional Berbasis Pensil (UNKP) dari namanya saja UNBK ini ujiannya dengan komputer bukan dengan kertas atau pensil manual tentunya sekolah harus menyiapkan komputer dong? iyah bang,,,hee. Selain komputer biasa untuk Client juga harus ada yang namanya Komputer SERVER, apakah itu? komputer server sama ajah komputer PC pada umumnya hanya saja speknya/kwalitasnya lebih bagus contohnya dari segi RAM, Core-nya dan lain sebagainya.

Jadi apa saja yang mesti dipersiapkan sebelum melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ? Berikut simak dibawah ini:

1. Jika belum punya Username sama Password untuk login ke web UNBK, maka segera lapor ke instansi terkait atau Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten.
2. Jika sudah punya silahkan Login ke Web UNBK : www.unbk.kemdikbud.go.id
3. Klik Data Sekolah, silahkan isi : Identitas, Tim Teknis dan Infrastruktur
4. Cetak Surat Kesiapan untuk melaksanakan UNBK di tanda tangan kepala sekolah dan di upload lagi ke Web UNBK
5. Klik Biodata siswa pilih Upload Siswa di BIOUN
6. Klik Menu UNBK
7. Pilih Server dan Client : Silahkan diatur jumlah server dan Clientnya
8. Kemudian Klik Menu Pengaturan Sesi, atur sesinya mau berapa kali 1, 2, 3
9. Klik menu cek kelengkapan data jika sudah ceklis biru semua berarti ok
10. Cetak Kartu di menu Kartu Peserta
11. Selesai

Tingal nanti ketika pelaksanaan UNBK.

Perlu diketahui juga bahwa sebelum pelaksanaan UNBK biasanya dilakukan simulasi terlebih dahulu guna sebagai bahan percobaan untuk mengetahui kesiapan peralatan juga kita selaku proktor maupun teknisi jika ada permasalahan itu sebagai bahan pelajaran yang nanti ketika UNBK berlangsung kita sudah bisa cara mengatasinya.

Khusus tahun ini untuk WEB Simulasi UNBK berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu di WEB: www.unbk.kemdikbud.go.id/simulasi tampilan menunya sama dengan yang ada di WEB UNBK upload siswanya menggunakan file excel yang di download di web Simulasi UNBK tadi.

Itulah beberapa yang wajib disiapkan atau dilakukan sekolah ketika akan melaksanakan UNBK semoga bermanfaat bagi temen-temen semua.

No comments:

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Positif