RUMUS EXCEL MENCARI JUMLAH JENIS KELAMIN


Halo sobat selamat pagi menjelang siang, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan kelancaran dalam mengarungi kehidupan ini. Amin. Di kesempatan yang berbahagia ini saya akan berbagi sedikit mengenai rumus microsoft excel yang akan memudahkan kita dalam mencari jumlah laki-laki dan perempuan secara otomatis.

Kendala yang saya hadapi sebelum tahu bahwa rumus microsoft excel ini saya kesulitan mencari jumlah laki-laki dan perempuan, sebelumnya saya menggunakan filter data tetapi saya rasa kurang efektif karena untuk jumlahnya sendiri kita masih manual harus menghitung satu persatu data jenis kelamin yang ada, kalau hanya puluhan kita tidak kerepotan tapi kalau sudah ratusan bahkan ribuan datanya kita akan kerepotan dan tidak jarang kalau dihitung manual kita akan kaku bahkan tidak ingat sudah berapa yang kita hitung data tersebut menurut jenis kelamin. Bagi siapa saja yang membuka postingan ini pokoknya jangan sampai khawatir lagi dengan perihal diatas karena dengan menggunakan rumus microsoft excel ini tinggal beberapa langkah saja pekerjaan akan beres dengan lancar tanpa pusing, ribet apalagi mabuk data. haa

Berikut Rumusnya: =Countif(range;criteria)
Keterangan: range=Kita Block data jenis kelamin (sesuai data kita), criteria= kalu ingin mencari laki-laki tulis "L" kalau mencari perempuan "P"



Contoh Rumus jadi, misalnya:
=Countif(E10:E19;"L")
Kalau sudah seperti diatas rumusnya tinggal ENTER saja.

Demikian semoga bermanfaat dan silahkan tinggalkan jejak.


No comments:

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Positif