Contoh Daftar Hadir Siswa


Melakukan absensi siswa dan siswi di sekolah adalah sebuah pekerjaan rutin yang biasa dilakukan oleh bapak dan ibu dewan guru ketika masuk ruang kelas dan sebelum melakukan pembelajaran dimulai, hal ini di maksudkan agar seorang guru mengetahui siapa saja siswa yang masuk, sakit, izin bahkan mungkin siswa bolos.

Disamping bapak dan ibu dewan guru selayaknya ada guru piket yang ditugaskan khusus yang rutin melakukan absensi setiap hari dengan mendatangi kelas dengan cara berkeliling ini akan lebih efektif dalam melakukan absensi karena seluruh kelas dilakukan absensi setiap hari oleh guru piket tadi.

Peran dari seksi kesiswaan juga berperan penting dalam hal kehadiran siswa, jika guru piket telah melakukan tugasnya yaitu melakukan absensi ternyata ada beberapa siswa atau siswi yang tidak hadir sudah beberapa hari maka segeralah memberikan laporan kepada seksi kesiswaan dengan berkoordinasi kepada wali kelas untuk dilakukan berikutnya yaitu mengetahui kenapa siswa tersebut tidak masuk sekolah.

~Untuk contoh Daftar Hadir Siswa silahkan download : Klik diSini

Laporan kehadiran siswa dari guru piket kepada wali kelas dilakukan minimal enam bulan sekali atau satu semester yang biasanya dibutuhkan pada saat mengisi buku raport siswa tetapi jika ada siswa atau siswi yang tidak masuk sekolah terlalu lama maka segeralah berkoordinasi melakukan pelaporan kepada wali kelas jika memang dibutuhkan.

Dalam melakukan absensi siswa maka lakukanlah secara tertib administrasi misal jika siswa sakit atau izin maka harus ada surat dari orang tua siswa yang memberitahukan bahwa anaknya tidak bisa masuk sekolah karena sakit atau ada kepentingan keluarga atau bisa juga yang sakit harus ada keterangan sakit dari dokter jika mau menerapkan aturan yang seperti itu.

Sekolah memiliki aturan masing-masing silahkan di sesuaikan dengan aturan-aturan sekolah tujuan melakukan absensi siswa ini tidak lain agar bapak dan ibu guru bisa mengetahui kehadiran siswa.

No comments:

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Positif