Mudah! Cara Upload Peserta UN dari CAPESUN ke BIOUN


Selamat sore para operator emis Madrasah yang budiman, disore yang gerimis ini saya akan sedikit berbagi tentang cara memasukan data peserta ujian nasional (CAPESUN) yang datanya merupakan hasil download dari emis yang berupa file ez. Bagaimana langkah-langkahnya? Sepertinya ini merupakan agenda tahunan yang harus dilaksanakan oleh setiap lembaga pendidikan, kadang kita lupa lagi makanya sengaja saya bagikan Cara Upload Peserta UN dari CAPESUN ke BIOUN yang mudah-mudahan bisa membantu teman-teman semua. Langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pertama-tama kita akan download dahulu file ez nya di emis dengan login ke http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah
2. Kemudian pilih menu Kesiswaan-Capesun



 3. Lihatlah menu yang saya lingkari Bioun File itu berfungsi untuk mendownload file CAPESUN ez (Catatan: setelah semua data dipilih dan dipindahkan menjadi Peserta UN atau pindah ke sebelah kanan)

Setelah file ez kita download sekarang kita tinggal upload file ez tersebut ke Bio UN Online caranya sebagai berikut:
1. Pertama kita login ke http://biounsmp.kemdikbud.go.id 
2. Kemudian pilih menu Upload File

3. Kita telusuri tempat menyimpan file ez tadi dimana kita simpan, jika sudah ketemu kita pilih terus pilih Upload
4. Lanjut pilih Validasi File, Jika ada keterangan akan menghapus file pilih "YES/OK"

Nah sekarang Peserta UN sudah kita Upload, sekarang kita tinggal unduh File BIOUN dbf-nya yang biasanya dikumpulkan oleh Dinas terkait. Caranya cukup mudah

1. Pertama kita pilih menu download-siswa

2. Kita centang Ujian yang dilaksanakan disekolah kita PBT (Ujian Nasional dengan cara menghitamkan salah satu jawaban/dengan kertas) atau CBT (Ujian Nasional memilih benar atau salahnya dengan media komputer)
3. Setelah itu piluh tanggal dan terakhir pilih download
4. Selesai

Itulah tatacara Upload Peserta Ujian Nasional dari CAPESUN ke BIOUN yang mudah-mudahan bermanfaat. amin

No comments:

Silahkan Berkomentar yang Baik dan Positif